Juni 2020
Çaka 1942  
Wuku
Bhatara
Ugu
Singajalma
Wayang
Sri
Kulawu
Sadana
Dukut
Baruna
Watugunung
Antaboga
Sinta
Yamadipati
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
Ingkel
  Sato     Mina    Manuk     Taru     Buku     Wong  
Luang, Pepet, Kajeng, Jaya, Pon, Urukung, Soma, Kala, Gigis, Pati   |   Penanggal 11, Sadha, Bhawa   |   Sato, Gajah, Lembu, Urip = 4 + 7, Aras Tuding, Kiriman, Sumur Sinaba, Kinasihan Amerta   |   Ugu, Sato, Singajalma, Basah Gede, Ehep


03-06-2020. Buda Keliwon Ugu.

05-06-2020. Purnama.

13-06-2020. Kajeng Keliwon Uwudan.

13-06-2020. Tumpek Wayang. Pada hari ini diadakan upacara yang berkenaan dengan kesenian khususnya wayang, persembahan kehadapan Bhatara Iswara memohon agar kesenian itu lestari, menyenangkan, dan bertuah.

17-06-2020. Buda Wage Kulawu. Hari ini pemujaan terhadap Bhatara Rambut Sedhana yang melimpahkan kemakmuran dan kesejahteraan.

19-06-2020. Hari Bhatara Sri.

20-06-2020. Tilem.

23-06-2020. Anggar Kasih Dukut.

28-06-2020. Kajeng Keliwon Pamelastali/Watugunung Runtuh.

28-06-2020. Kaleng Keliwon Enyitan.

30-06-2020. Paid-Paidan.



03-06-2020. Buda Keliwon Ugu. Pura Dalem Tarukan di Banjar Pulasari Desa Peninjoan Tembuku - Bangli. Pura Pasek Gelgel Boading Kaba-kaba - Tabanan. Pura Pemayun Banyuning Tengah - Buleleng. Pura Desa Kayangan Tiga Desa Bubunan Seririt - Buleleng. Pura Agung Gunung Raung Banjar Taro Kaja Taro - Tegalalang. Merajan Pasek Dangka Bungbungan.

13-06-2020. Hari Tumpek Wayang. Pura Majapahit di Jembrana, Odalan Betara ratu Gede di Desa Celuk Sukawati, Odalan Betara Ratu Wedyadari di Camenggaon Sukawati. Pura Panti Gelgel Pengembungan Sesetan Denpasar, Betara Ratu Alit dan Ratu Lingsir di Singakerta Ubud. Pura Pedarmaan Dalem Sukawati di Besakih. Pura Pedarmaan Mengwi di Besakih, Pura Pedarmaan Kaba-kaba di Besakih. Pura Pedarmaan dalem Bakas di Besakih. Pura Dadia Agung Pasek Gelgel Pegatepan Gelgel Klungkung. Pura Pemrajan Agung Sulang Kec Dawan Klungkung. Merajan Pasek Bendesa Kori Agung Pengatepan. Pura Pedarmaan Dinasti dalem sri Aji Kresna Kepakisan di Pura Besakih (Dalem Klungkung). Pura Penataran Giri Purwa dan Pesraman Dusun Kuto Rejo Kendal Rejo Tegal Delimo Banyuangi. Pura Agung Jati Pramana, Cirebon

17-06-2020. Buda Wage Kelawu. Pura Penataran Agung Teluk Padang Karangasem. Pura Melanting di Desa Camenggaon Sukawati. Pura Penataran Ped di Nusa Penida. Pura Pasek Gelgel Pangembungan Bongkase Abiansemal. Pura Pasek Bendesa Reyang Gede Penebel Tabanan. Pura Pasek Gelgel Br. Jawa Tengah Buleleng. Pura Gaduhan Jagat di Desa Singakerta Ubud. Pura Masceti Tegeh Mancawarna Sanding Tampaksiring. Pura Penataran Batu Lepang di Kamasan Klungkung. Pura Paibon Pasek Gelgel Gobleg di Desa Kedonganan Kuta, Pura Goa di Besakih, Pura Basukian di Besakih, Odalan Ida Ratu Pucak Pameneh/Bukit Kiwa Tengen di Penataran Agung Besakih. Merajan Pasek Gelgel di Pejeng. Merajan Pasek Gelgel di Songan. Merajan Pasek Prateka Pekandelan Sidemen. Merajan Pasek Prateka Taman Sari Sukasada. Pura dadia Pasek Gelgel Sidemen Karangasem. Merajan Pasek Gelgel Tampuagan, Tembuku, Bangli.

23-06-2020. Anggar Kasih Dukut. Pr. Dalem Batuyang Batubulan. Pura Pasek Gelgel Mengening Kediri Tabanan, Pr Pasek Undagi Timpag Kerambitan Tabanan. Pura Desa/ Pura Pucak Banjar Taman Bedulu Gianyar. Merajan Pasek Tangkas Kori Agung Sulahan. Merajan Pasek Padang Rata Padang. Pura Puser Jagat Dalem Dukut Puri Sukun Nusa Penida.

24-06-2020. Buda Umanis Dukut. Pura Agung Pasek Gelgel di Sibang Kaja Abiansemal. Pura Dalem Samplangan di Gianyar.



Amertayoga. Baik untuk membangun, mencari pengupa jiwa (nafkah), dan memulai suatu usaha/perusahaan. (Alahing dewasa 3).

Dina Carik. Tidak baik dipakai dewasa. (Alahing dewasa 2).

Geni Murub. Baik untuk segala pekerjaan yang mempergunakan api seperti membakar bata mentah, genteng, dan lain-lain. Tidak baik untuk membangun, mengatapi rumah. (Alahing dewasa 2).

Geni Rawana. Baik untuk segala pekerjaan yang menggunakan api. Tidak baik untuk mengatapi rumah, melaspas, bercocok tanam. (Alahing dewasa 2).

Gni Rawana Jejepan. Baik untuk mulai pekerjaan yang menggunakan api seperti membakar genteng, batu bata, keramik, gerabah, membuat senjata tajam (pande besi). Tidak baik mengatapi rumah, melaspas, dan bercocok tanam. (Alahing dewasa 2).

Kala Gumarang Munggah. Baik melakukan upacara Bhuta Yadnya. Tidak Baik untuk menanam sirih, tembakau. (Alahing dewasa 4).

Kala Jangkut. Baik untuk membuat pencar, jaring, senjata. (Alahing dewasa 4).

Kala Jengking. Baik untuk mulai belajar menari, menabuh, membuat bubu, seser, jaring. Tidak baik untuk Manusa Yadnya, nikah, upacara potong rambut. (Alahing dewasa 4).

Kala Mereng. Tidak baik untuk bercocok tanam (Alahing dewasa 3).

Kala Rebutan. Baik untuk membuat tempat berjualan, membuat alat-alat tempat barang dagangan, alat-alat penangkap ikan, membuat dan memasang kungkungan. (Alahing dewasa 3).

Kala Sor. Tidak baik untuk bekerja hubungannya dengan dengan tanah seperti membajak, bercocok tanam, membuat terowongan. (Alahing dewasa 3).

Macekan Agung. Untuk membuat benda-benda runcing untuk pura seperti pengawin, tumbak, senjata pengider-ider dll. (Alahing dewasa 2).

Macekan Lanang. Baik untuk membuat taji, tumbak, keris, alat penangkap ikan. Tidak baik untuk upacara yadnya (Alahing dewasa 2).

Pamacekan. Baik untuk mengerjakan sawah/tegal, membuat tombak penangkap ikan. Tidak baik melaksanakan yadnya (Alahing dewasa 2).

Pepedan. Baik untuk membuka lahan pertanian baru. Tidak baik untuk membuat peralatan dari besi. (Alahing dewasa 3).

Taliwangke. Baik untuk memasang tali penghambat di sawah atau di kebun, memperbaiki pagar, membuat tali pengikat padi/benda-benda mati. Tidak baik untuk mulai mengerjakan benang tenun, membuat tali ternak. (Alahing dewasa 3).




HARI LIBUR

01-06-2020. Hari Lahirnya Pancasila



HARI PERINGATAN

01-06-2020. Hari Anak-anak Sedunia

03-06-2020. Hari Pasar Modal Indonesia

05-06-2020. Hari Lingkungan Hidup Sedunia

21-06-2020. Hari Krida Pertanian

22-06-2020. HUT Kota Jakarta

24-06-2020. Hari Bidan Indonesia

29-06-2020. Hari Keluarga Berencana Nasional





Apapun yang diperoleh (harta benda, jabatan, kekuasaan, kesenangan, kepuasan dll.) dengan cara tidak halal, semua itu tidak akan memberikan kebahagiaan, cepat atau lambat malah bisa berakibat sebaliknya, baik di dunia fana maupun di akhirat.