Pebruari 2018
Çaka 1939  
Wuku
Bhatara
Prangbakat
Bisma
Bala
Durga
Ugu
Singajalma
Wayang
Sri
Kulawu
Sadana
Dukut
Baruna
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
Ingkel
Buku Wong Sato Mina Manuk Taru
Luang, Pepet, Beteng, Menala, Umanis, Aryang, Soma, Uma, Ogan, Raksasa   |   Pangelong 5, Kewulu, Jati   |   Taru, Suku, Uler, Urip = 4 + 5, Laku Angin, Kelapa, Tunggak Semi, Buat Kemeranaan   |   Bala, Wong, Durga, Salah Wadi, Carik Walangati, Basah Cenik


09-02-2018. Kajeng Keliwon Uwudan.

14-02-2018. Buda Keliwon Ugu.

15-02-2018. Tilem.

24-02-2018. Kajeng Keliwon Enyitan.

24-02-2018. Tumpek Wayang. Pada hari ini diadakan upacara yang berkenaan dengan kesenian khususnya wayang, persembahan kehadapan Bhatara Iswara memohon agar kesenian itu lestari, menyenangkan, dan bertuah.

28-02-2018. Buda Wage Kulawu. Hari ini pemujaan terhadap Bhatara Rambut Sedhana yang melimpahkan kemakmuran dan kesejahteraan.



14-02-2018. Buda Keliwon Ugu. Pura Dalem Tarukan di Banjar Pulasari Desa Peninjoan Tembuku - Bangli. Pura Pasek Gelgel Boading Kaba-kaba - Tabanan. Pura Pemayun Banyuning Tengah - Buleleng. Pura Desa Kayangan Tiga Desa Bubunan Seririt - Buleleng. Pura Agung Gunung Raung Banjar Taro Kaja Taro - Tegalalang. Merajan Pasek Dangka Bungbungan.

15-02-2018. Tilem Kawulu. Aci Sarin Tahun di Pura Ulun Kulkul Besakih. Pura Dalem Yang Taluh Sidemen - Karangasem. Pura Dalem Kangin Sidemen - Karangasem.

24-02-2018. Hari Tumpek Wayang. Pura Majapahit di Jembrana, Odalan Betara ratu Gede di Desa Celuk Sukawati, Odalan Betara Ratu Wedyadari di Camenggaon Sukawati. Pura Panti Gelgel Pengembungan Sesetan Denpasar, Betara Ratu Alit dan Ratu Lingsir di Singakerta Ubud. Pura Pedarmaan Dalem Sukawati di Besakih. Pura Pedarmaan Mengwi di Besakih, Pura Pedarmaan Kaba-kaba di Besakih. Pura Pedarmaan dalem Bakas di Besakih. Pura Dadia Agung Pasek Gelgel Pegatepan Gelgel Klungkung. Pura Pemrajan Agung Sulang Kec Dawan Klungkung. Merajan Pasek Bendesa Kori Agung Pengatepan. Pura Pedarmaan Dinasti dalem sri Aji Kresna Kepakisan di Pura Besakih (Dalem Klungkung). Pura Penataran Giri Purwa dan Pesraman Dusun Kuto Rejo Kendal Rejo Tegal Delimo Banyuangi. Pura Agung Jati Pramana, Cirebon

28-02-2018. Buda Wage Kelawu. Pura Penataran Agung Teluk Padang Karangasem. Pura Melanting di Desa Camenggaon Sukawati. Pura Penataran Ped di Nusa Penida. Pura Pasek Gelgel Pangembungan Bongkase Abiansemal. Pura Pasek Bendesa Reyang Gede Penebel Tabanan. Pura Pasek Gelgel Br. Jawa Tengah Buleleng. Pura Gaduhan Jagat di Desa Singakerta Ubud. Pura Masceti Tegeh Mancawarna Sanding Tampaksiring. Pura Penataran Batu Lepang di Kamasan Klungkung. Pura Paibon Pasek Gelgel Gobleg di Desa Kedonganan Kuta, Pura Goa di Besakih, Pura Basukian di Besakih, Odalan Ida Ratu Pucak Pameneh/Bukit Kiwa Tengen di Penataran Agung Besakih. Merajan Pasek Gelgel di Pejeng. Merajan Pasek Gelgel di Songan. Merajan Pasek Prateka Pekandelan Sidemen. Merajan Pasek Prateka Taman Sari Sukasada. Pura dadia Pasek Gelgel Sidemen Karangasem. Merajan Pasek Gelgel Tampuagan, Tembuku, Bangli.



Amerta Dadi. Baik untuk upacara Dewa Yadnya dan pemujaan terhadap leluhur. (Alahing dewasa 4).

Carik Walangati. Tidak baik untuk melakukan pernikahan/wiwaha, atiwa-tiwa/ngaben dan membangun rumah. (Alahing dewasa 3).

Dauh Ayu. Baik untuk membuat awig-awig, peraturan-peraturan atau undang-undang, baik untuk membangun. (Alahing dewasa 2).

Kala Buingrau. Baik untuk menebang kayu, membuat bubu, memuja pitra. Tidak baik untuk membangun, mengatapi rumah. (Alahing dewasa 4).

Kala Siyung. Tidak baik, hari ini harus diwaspadai karena mengandung pengaruh buas. (Alahing dewasa 3).

Kala Sudukan. Tidak baik untuk memindahkan orang sakit, menunjukkan unsur perombakan. (Alahing dewasa 3).

Kala Wikalpa. Baik untuk membuat keris dan yang sejenisnya. (Alahing dewasa 3).

Kaleburau. Tidak baik melakukan karya ayu atau yadnya. Tidak baik melaksanakan atiwa-tiwa/ngaben (Alahing dewasa 4).

Lebur Awu. Tidak baik melakukan upacara wiwaha/pernikahan, pertemuan, membangun rumah, mengatapi rumah. Baik untuk membangun irigasi. (Alahing dewasa 4).

Pepedan. Baik untuk membuka lahan pertanian baru. Tidak baik untuk membuat peralatan dari besi. (Alahing dewasa 3).

Salah Wadi. Tidak baik untuk melakukan Manusa Yadnya (wiwaha, mapendes, potong rambut dll.) Pitra Yadnya (Penguburan, atiwa-tiwa/ngaben, nyekah, ngasti dll. (Alahing dewasa 3).

Sampar Wangke. Tidak baik untuk bersenggama, kalau dilanggar bisa melahirkan bayi yang penuh kesialan dan kemalangan. (Alahing dewasa 4).

Taliwangke. Baik untuk memasang tali penghambat di sawah atau di kebun, memperbaiki pagar, membuat tali pengikat padi/benda-benda mati. Tidak baik untuk mulai mengerjakan benang tenun, membuat tali ternak. (Alahing dewasa 3).




HARI PERINGATAN

05-02-2018. HUT HMI (Himpunan Mahasiswa Islam)

09-02-2018. HUT PWI (Persatuan Wartawan Indonesia)

13-02-2018. HUT Persatuan Farmasi Indonesia

23-02-2018. HUT Rotary Club





Pikiran kita seringkali dijejali dengan penyesalan masa lalu dan kekhawatiran masa depan. Kita memang perlu mengambil pelajaran dari masa lalu dan merencanakan masa depan. Akan tetapi setelah itu, lebih baik memfokuskan diri pada hari ini dengan melakukan aktivitas yang penting. Karena hari ini akan menentukan masa depan dan hari ini pula akan menjadi kenangan masa lalu di kemudian hari.